Konsorsium ICCA mengumumkan laporan mendatang tentang wilayah kehidupan masyarakat adat dan komunitas lokal

 Admin    Kamis, 26 Mei 2022  

  • Wilayah dan wilayah yang dilestarikan oleh masyarakat adat dan komunitas lokal melalui sistem tata kelola adat dan lokal serta praktik budaya mereka kadang-kadang dikenal sebagai 'ICCAs' atau 'wilayah kehidupan'.
  • Laporan tersebut telah dirilis pada 20 Mei 2021 bersamaan dengan Hari Keanekaragaman Hayati internasional. 

 

Konsorsium ICCA dengan bangga mengumumkan publikasi yang akan datang dari lokal-ke-global pertama laporan tentang keadaan wilayah kehidupan

Laporan Territories of Life: 2021 menyoroti 17 contoh luar biasa tentang bagaimana masyarakat adat dan komunitas lokal berkontribusi pada keragaman kehidupan di bumi melalui sistem tata kelola dan praktik budaya mereka – mulai dari membawa spesies yang terancam punah kembali dari ambang kepunahan di komunitas kecil di China hingga melestarikan ratusan ribu hektar hutan hujan tropis dan daerah aliran sungai di Amazon. Ini menyoroti beberapa contoh utama inisiatif akar rumput dan kebijakan dan pengakuan hukum atas hak-hak Masyarakat Adat dan Konservasi masyarakat dalam konteks nasional tertentu. Ini juga menampilkan analisis global terbaru tentang seberapa banyak planet ini kemungkinan dilestarikan oleh masyarakat adat dan komunitas lokal, yang diproduksi bekerja sama dengan UNEP World Conservation Monitoring Centre

 

Laporan ini menambah semakin banyak literatur tentang peran utama masyarakat adat dan komunitas lokal dalam upaya konservasi lokal-ke-global. Hal ini juga menunjukkan pentingnya pusat mengakui dan menegakkan hak-hak mereka, terutama untuk tanah kolektif mereka dan wilayah dan cara hidup yang ditentukan sendiri, dan mendukung visi dan prioritas mereka untuk generasi sekarang dan masa depan. Mitra yang diperlukan dari pengakuan dan dukungan positif adalah menghentikan ancaman dan kekerasan terhadap masyarakat dan wilayah mereka, terutama dari pendorong industri hilangnya keanekaragaman hayati dan tindakan konservasi top-down. Rekomendasi utama dan kerangka kerja untuk tindakan diarahkan kepada pembuat kebijakan yang terlibat dalam negosiasi kerangka keanekaragaman hayati global pasca-2020 PBB, yang diharapkan dapat membentuk hukum dan kebijakan konservasi untuk dekade berikutnya.

Fitur penting lainnya dari laporan ini adalah bahwa penulis Komunitas dan studi kasus nasional berasal dari dan berbasis di masing-masing negara dan telah bekerja sama dengan penjaga komunitas selama bertahun-tahun. Beberapa kasus ditulis bersama oleh tokoh masyarakat atau organisasi perwakilan mereka dan melalui konsultasi ekstensif untuk memberikan persetujuan bebas, didahulukan dan diinformasikan kepada publikasi.

 

Sehubungan dengan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional, Masyarakat Adat dan komunitas lokal mengundang pejabat pemerintah, konservasionis dan masyarakat umum untuk bergabung dengan acara peluncuran online pada tanggal 20 Mei 13:00 UTC untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman dan peluang mereka untuk bertindak.

Kontak

Kathia Carrillo
Campaigns and Multimedia Coordinator
ICCA Consortium
kathia [at] iccaconsortium [dot] org
WhatsApp / Signal: +51 945894234

 

Catatan untuk media dan jurnalis

Penulis studi kasus dan Tokoh Masyarakat Adat dan lokal tersedia untuk wawancara.

 

Tentang wilayah kehidupan

Wilayah kehidupan, juga dikenal dalam beberapa konteks sebagai ICCA, adalah wilayah dan wilayah yang dilestarikan oleh masyarakat adat dan komunitas lokal. Mereka beragam seperti masyarakat dan komunitas yang membentuk dan menopang mereka melalui budaya, sistem pemerintahan, dan praktik unik mereka.

 

Tentang ICCA Consortium

ICCA Consortium adalah asosiasi global, saat ini dengan 178 akar rumput dan organisasi nirlaba dan 421 Anggota Kehormatan milik dan mendukung masyarakat adat dan komunitas lokal dan gerakan untuk hak kolektif mereka, keadilan dan kesetaraan dalam konservasi.

 

Tentang laporan ini

Territories of Life: 2021 Report adalah laporan multimedia yang terdiri dari analisis lokal, nasional, regional dan global tentang wilayah dan wilayah yang dilestarikan oleh masyarakat adat dan komunitas lokal di seluruh dunia, dengan rekomendasi untuk kerangka keanekaragaman hayati global pasca-2020 yang saat ini sedang dinegosiasikan. Ini diproduksi oleh Konsorsium ICCA dan diselenggarakan di https://report.territoriesoflife.org. Laporan 2021 adalah yang pertama dalam seri reguler.

Pelaporan: https://www.iccaconsortium.org/index.php/2021/05/03/territories-of-life-report-2021/